post

Alasan Pemilu Inggris Dikatakan Paling Unik – Demokrasi kini sudah merambah ke negara-negara maju dalam beberapa dekade terakhir. Sistem pemilu ternyata berdampak besar pada kemakmuran masyarakatnya. Kemudian dari sistem demokrasi negara tertua di dunia yakni Inggris mampu menghadirkan standar terbaik sampai sekarang. Namun, dari pemilu terakhir di tahun 2019 dianggap paling unik dan aneh. Sebab ada beberapa komponen yang membuat proses pemilu jadi berbeda.

Karena itulah, pemilu di Inggris ini menghadirkan keunikan bahkan ada beberapa komponen yang membuat proses pengambilan suara untuk menentukan pemimpin Inggris sedikit berbeda dari negara lainnya.

Keunikan Pemilu di Inggris
Seperti kita tahu proses pemilu ataupun pemungutan suara setiap masyarakatnya membutuhkan kartu identitas diri untuk bisa memilih dengan tepat. Akan tetapi pada sisi pemilu di Inggris ini terlihat berbeda dari proses pemungutan suara lainnya. Sehingga dari setiap warga Inggris tidak harus membawa bukti identitas diri untuk bisa memilih. Mengapa bisa demikian? Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kita ulas lebih mendalam.

Satu keunikan proses pemungutan suara di Inggris adalah setiap warga tidak perlu membawa bukti identitas diri untuk memilih. Terobosan ini terlihat berbeda dan unik, sebab dari setiap proses pemulu setiap warganya harus menggunakan kartu identitas sebagai satu tanda bahwa dirinya sudah berpartisipasi dalam pemungutan suara.

Akan tetapi proses pemungutan suara di Inggris ternyata cukup sederhana. Terlihat prosesnya lebih sederhana yakni cukup datang ke tempat pemungutan suara, kemudian lokasi dari tempat pemilu berada dekat dengan lokasi, dan cukup dengan memberitahu alamat dan nama Anda ke petugas, kemudian proses pemberian suara menggunakan surat suara bisa dilakukan.

Proses selanjutnya Anda bisa coret kartu suara dengan tanda X untuk pilihan paling tepat, kemudian masukkan surat suara ke kotak suara dan prosesnya selesai. Jika kita amati dari proses pemungutan suara di Indonesia sudah jelas prosedurnya berbeda. Bisa dikatakan soal keamanan dan nomor induk penduduknya tidak terlalu penting, cukup bermodalkan nama dan juga alamatnya.

Berkaca dari proses yang sederhana tersebut, beberapa negara berkembang seperti Indonesia dan filipina yang menjadi tempat berdirinya situs sbobet yang menyediakan berbagai jenis permainan taruhan bola sudah melirik metode pemungutan suara yang simple dan mudah dari Inggris tersebut. Sayangnya, dari sisi pemahaman dan juga kawasan demografi sangat berbeda sehingga butuh waktu lama untuk bisa mengadopsinya.

Masih ada keunikan lainnya yang bisa kita lihat di proses pemungutan suara di Inggris salah satunya tidak membutuhkan buktu kartu tanda penduduk dan jari dari si pemilih suara tidak perlu dicelupkan ke tinta. Dari sinilah bisa kita lihat biaya untuk pengadaan tinta sudah pasti tidak ada sama sekali. Sehingga benar-benar terkesan lebih hemat dan sederhana.

Peraturan tidak menggunakan kartu tanda penduduk di setiap pemilihan suara ternyata sudah dilakukan sejak tahun 2017. Pada saat itu terjadi kecurangan mencapai 44.4 juta suara yang masuk, sehingga ada beberapa pengecualian dimana proses pemungutan suara tanpa menggunakan tanda pengenal sehingga lebih sederhana. Keputusan tersebut membuahkan reaksi kurang baik di masyarakat, akan tetapi dari segi potensi terbaik di dalamnya justru bisa membuahkan banyak ragam potensi paling tepat untuk soal keamanan data pribadi masyarakatnya.

Berkaca dari proses pemilihan suara di Inggris tersebut pastinya membuahkan banyak anggapan bahwa masyarakat di negara berkembang selalu membutuhkan inovasi terbaik yang kemudian sanggup dihadirkan sebagai modal paling tepat untuk terus mengedepankan kualitas dan kejujuran di setiap pemilu. Sebenarnya cara yang dilakukan di Inggris ini bisa memberi rasa aman, akan tetapi kembali lagi dibutuhkan kesadaran dari masyarakat untuk lebih jujur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *